Melalui Program Siak Andaliman, Hidayati: Pemprov Sumut Diharapkan Mampu Kendalikan Pertumbuhan Penduduk 

Siak Andaliman

topmetro.news – Melalui program Sistem Informasi dan Komunikasi Andalan Lima Tahunan Grand Design Pembangunan Kependudukan (Siak Andaliman GDPK) Prov Sumut diharapkan mampu mengendalikan pertumbuhan penduduk ke depan.

Siak Andaliman GDPK ini merupakan aplikasi berbasis teknologi informasi yang dapat digunakan untuk mendapatkan informasi tentang proses pelaksanaan penyusunan GDPK di kabupaten/kota.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Prov Sumut Dr Ir Hj Hidayati MSi kepada wartawan, usai pembukaan acara Konsultasi Publik Revisi GPDK Prov Sumut, serta Lauching Binaan Prov SU dan Penandatanganan Kerjasama Pemanfaatan Siak Andaliman GDPK Prov SU di Hotel Polonia Medan, Kamis (19/12/2019).

Siak Andaliman GDPK Dirancang Untuk 25 Tahun ke Depan

Acara ini dibuka oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi, Keuangan, Pembangunan, Aset dan SDA, Agus Tripriyono, SE, M.Si, Ak, CA mewakili Sekdaprov SU R Sabrina dan dihadiri sejumlah pejabat Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten/Kota, pelajar, guru dan lainnya.

Hidayati didampingi Ketua Panitia Acara Laura menjelaskan, GDPK adalah suatu rumusan perencanaan pembangunan kependudukan daerah untuk jangka waktu 25 tahun ke depan.

GDPK diperlukan karena 3 hal, antara lain arah kebijakan pelaksanaan pembangunan kependudukan bersifat jangka panjang, pelaksanaan pembangunan kependudukan menjadi lebih terukur oleh karena tersusunnya road map parameter pembangunan kependudukan.

Baca Juga: 600 Pejabat Eselon III dan IV Pemprovsu Bakal Terpangkas

Serta sinergisitas dan konektivitas antara pemerintah, pusat dan daerah menjadi utama dalam pelaksanaan pembangunan berwawasan kependudukan.

Dia menyampaikan, Siak Andaliman ini dalam rangka membantu kabupaten/kota di Sumut dalam menyusun grand design kependudukan.

“Karena tanpa Grand Design Kependudukan, kita tidak punya arah untuk menggendalikan pertumbuhan penduduk. Siak Andaliman ini merupakan suatu pedoman agar setiap kabupaten/kota tahu mengerjakan apa untuk membuat penduduk seimbang,” ujarnya.

Dikatakannya, bahwa program ini juga bisa dipakai seluruh provinsi yang ada di Indonesia dalam menyusun grand design kependudukanya.

“Lounching Siak Andaliman ini sendiri sudah dilakukan tahun lalu, kini implementasinya saja dengan lounching siaga kependudukan di Sumut, dengan melibatkan sejumlah sekolah tingkat atas (SMA) sederajat di Sumut,” katanya.

Tujuannya Siak Andaliman, lanjut dia, para pelajar tingkatan SMA memiliki dan mengetahui apa itu sebenarnya program-program kependudukan. Juga di dalam program Siak Amdaliman itu ada penanggulangan perkawinan usia muda, apa manfaatnya keluarga sejahtera dan keluarga berencana.

“Ini adalah implementasi dari program itu ssrta peningkatan SDM unggul Sumut Bermartabat Indonesia maju. Jadi larinya ke para siswa dari SMA sederajat, mereka dibentuk SDM-nya guna mengetahui tentang ketahanan keluarga. Jadi di dalam pendidikan itu akan ada muatan lokal tentang kependudukan,” kata dia.

Penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment